Isi dan Makna Pembukaan UUD 1945

By   October 31, 2013

Isi dan Makna Pembukaan UUD 1945 – Panutan.com. Siapa sih yang gak tahu dengan pembukaan UUD 1945, yang biasa dibacakan oleh petugas upacara setiap upacara hari senin di sekolah. Buat yang sudah lupa ne, aku bacakan alenia pertamanya. “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”

Garuda Indonesia

Nah sudah ingat kan apa isi pembukaan UUD 1945. Dan untuk postingan kali ini, aku akan membahas tentang isi dan makna pembukaan UUD 1945. Kita mulai pada alenia yang pertama yang berbunyi.

“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”

Isi dan makna alenia 1 :

  1. Bangsa Indonesia berpendirian anti penjajahan.
  2. Bangsa Indonesia berpendirian bahwa Kemerdekaan adalah hak segala bangsa.
  3. Bangsa Indonesia bertekad untuk Merdeka.
  4. Bangsa Indonesia bertekad akan berjuang menentang setiap bentuk penjajahan dan mendukung kemerdekaan setiap bangsa.

 

“Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.”

Isi dan makna alenia 2 :

  1. Bangsa Indonesia menghargai atas perjuangan bangsanya.
  2. Adanya ketajaman dan ketepatan penilaian bahwa: perjuangan pergerakan di Indonesia telah sampai pada tingkat yang menentukan, momentum yang tepat itu harus dimanfaatkan untuk menyatakan kemerdekaan, kemerdekaan tersebut harus diisi dengan mewujudkan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

 

“Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.”

Isi dan makna alenia 3 :

  1. Pengukuhan atas Proklamasi Kemerdekaan.
  2. Memuat motivasi spiritual yang luhur bahwa pernyataan Kemerdekaan itu diberkati Alloh Yang Maha Esa.
  3. Ketaqwaan bangsa Indonesia terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

 

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Isi dan makna alenia 4:

  1. Tujuan bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaan untuk melindungi bangsa dan tanah air Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Kata kunci mesin pencari:

pembukaan uud 1945 (168), isi uud 1945 (79), makna pembukaan uud 1945 (76), pembukaan uud (64), isi pembukaan uud 1945 (59), makna pembukaan uud (49), isi dan makna pembukaan UUD 1945 (36), makna uud (35), makna uud 1945 (31), isi pembukaan UUD (28), 

One Comment on “Isi dan Makna Pembukaan UUD 1945

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *